Ragam Dialog / Gaya Interaksi

Ragam DIALOG dan Gaya Interaksi 

 

 

 

Ragam Dialog/ Gaya Interaksi :

  1. Command Line Interface.                                                           
  2. Menu's.
  3. Natural Languange.
  4. Question/Answer and Query Dialogue.
  5. Form-Fills and SpreadSheets
  6. WIMP
  7. Point and Click
  8. Three-Dimensional Interface

 


 1. Command Line Interface :
 
Cara untuk mengekspresikan instruksi ke komputer secara langsung.
 
 
 


Macam Command Line ( Baris Perintah ) :

- Baris Perintah Tunggal :
  • Perintah dilakukan melalui keyboard dengan sebuah key atau beberapa karakter yang membentuk kata kunci,
  •  Impelentasinya : tombol fungsi, karakter tunggal, singkatan pendek, semua kata, atau kombinasi.

Ciri khas baris perintah tunggal :
  1. Cocok untuk tugas yang berulang.
  2. lebih baik bagi user yang ahli daripada pemula.
  3. menawarkan akses langsung ke fungsi sistem.
  4. nama perintah/ singkatan harus bermakna.
Contoh : Sistem Operasi Unix, DOS.
 
 
 
Baris Perintah Terstruktur :
 
  • Merupakan kumpulan dari banyak perintah tunggal menjadi satu rangkaian.
  • Impelemtasinya pada : File.BAT yang ada pada Operating System.

2. Menu's :

Tetapkan pilihan yang ditampilkan pada layar
•  Pilihan terlihat
- mengurangi ingatan - mudah digunakan.
- nama harus bermakna.
• Seleksi oleh :
- angka, huruf, tombol panah, mouse.
- kombinasi (e.g. mouse ditambahkan akselerator ).
• Pilihan sering dikelompokkan secara hierarkis
- Pengelompokkan yang mudah dipahami sangat diperlukan.


 

3. Natural Languange :

• Akrab dengan pengguna
• Menggunakan bahasa alami/ sehari- hari.
• Masalah :
- Samar/Ambigu : Sulit dilakukan dengan baik.
• Solusi :
- Mencomba untuk memahami
- Memilih  kata kunci.
 
 







4. Query Interface

• Antarmuka dalam bentuk Pertanyaan/ Jawaban.
- Pengguna dipandu melalui interaksi dengan serangkaian pertanyaan.
- Cocok untuk pengguna pemula tetapi fungsionalitasnya terbatas.
- Sering digunakan dalam sistem Informasi.
• bahasa Query ( seperti SQL ).
- Digunakan untuk mengambil  informasi dari database.
 
- Memerlukan pemahaman tentang struktur database dan sintaks bahasa, sehingga memerlukan beberapa keahlian.
 
 



 
5. Form-fills.

• Terutama untuk entri data atau pengambilan data.
• Layar seperti kertas formulir.
• Data dimasukkan ke dalam tempat yang relevan.
• Memerlukan desain yang baik dan fasilitas koreksi yang jelas.
Spreadsheets :

• Spreadsheet pertama oleh Lotus 1-2-3, sekarang paling umum yang dikenal user adalah Ms.Excel
• Canggih dengan variasi bentuk pengisian.
- Grid sel berisi nilai atau formula.
- Rumus dapat melibatkan nilai-nilai dari sel-sel lain.
- Pengguna dapat memasukkan data dan mengubah spreadsheet dan menjaga konsistensinya. 
6.WIMP Interface
  1. Windows
  2. Icons
  3. Menus
  4. Pointers ... 
• Style standar untuk sebagian besar sistem komputer interaktif, terutama PC dan desktop
Elemen WIMP : Windows.
• Area layar yang bebas.
- dapat berisi teks atau grafis.
dapat dipindahkan atau diubah ukurannya.
dapat tumpang tindih dan tidak jelas satu dengan lainnya.
- dapat diletakkan disamping.
• Scrollbars.
- Mengijinkan pengguna untuk memindahkan isi jendela atas dan ke bawah dari sisi ke sisi.
• Title bar.
- Menjelaskan nama windows.
Elemen WIMP : Icons
• Gambar.
• Mewakili beberapa object pada antarmuka.
• Jendela dapat di ikonisasi.
• Ikon dapat menjadi banyak dan beragam.
Elemen WIMP : Menu's
• Pilihan operasi atau layanan yang ditawarkan pada layar.
• Pilihan yang diperlukan dipilih dengan pointer.
• Masalah : Mengambil banyak ruang.
• Solusi : Pop Up ( menu yang muncul saat dibutuhkan ).
Jenis - Jenis Menu :
• Bar Menu : umumnya diatas layar, menu menyeret turun.
• Pull-Down Menu : Menarik kebawah dengan menahan mouse.
• Drop Down Menu : Klkik Mouse untuk mengungkap menu.
• Fall-Down Menu : mouse hanya bergerak di bar.
• Pop-Up Menu : tindakan untuk objek yang dipilih.
• Pie Menu : diatur dalam sebuah lingakarn, lebih mudah dan cepat dalam memilih item.

Menu Tambahan :
• Cascading Menu :
- Hirarkis struktur menu.
- Pilihan menu membuka menu baru.
• Keyboard Akselerator :
- Kunci kombinasi- efek yang sama dengan menu item.
- Dua Jenis :
   - Aktif pada saat menu terbuka - biasanya huruf pertama.
   - Aktif saat menu tertutup - biasanya Ctrl + huruf biasanya berbeda.
Masalah Desain Menu :
• Yang terbaik untuk digunakan.
• Mana yang harus disertakan dalam menu.
• Kata-kata keterangan/tindakan.
• Pilihan keyboard akselerator.
• Bagaimana ke grup item.

Elemen WIMP : Pointers
• Gaya WIMP yang menunjuk dan Memilih.
• Menggunakan mouse, trackpad, joystick, trackball, tombol kursor atau keyboard.
Buttons :
• Jenis Khusus :
- Tombol radio : set pilihan eksklusif.
- Kotak centang : set pilihan non-eksklusif.
Combo Box :
• Kombinasi antara a drop-down list atau list box dengan sebuah single-line textbox, sehingga user bisa memilih. 
List Box : Komponen GUI yang mengijinkan user memilih satu atau lebih item dari sebuah list, dengan tombol Shift atau Control.
Toolbars :
• Garis panjang icon.
• Akses cepat ke tindakan Common.
• Sering Customizable :
- memilih toolbar untuk melihat.
- memilih pilihan apa yang ada didalamnya.
Palettes : 
• Kumpulan mode yang tersedia atau yang aktif, berbentuk icon yang ditata secara berdampingan.
• Masalah : menu tidak ada disana ketika diinginkan.
• Solusi : disembunyikan melalui pilihan menu, tersedia dalam menggambar bentuk paket.
Dialogue Boxes :
• Informasi jendela yang pop up untuk menginformasikan suatu aktifitas penting atau meminta Informasi.
8.Three Dimensional Interfaces :
• Virtual Reality.
• 'Ordinary' window systems.
- Highlighting.
- Visual affordance.
- Indiscriminate use.
• 3D
- user for extra virtual space.
- light and occlusion give depth.
- distance effects.

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ERROR HANDLING

menu